Selebtwit?


pic from malesbanget[dot]com


Sebenernya ini lanjutan dari postingan gue tentang “Tipe-tipe akun Twitter”. Di postingan ini gue mau ngebahas tentang fenomena selebtwit. Secara gue bukan selebtwit, makanya gue berani nulis ini. Beberapa hari yang lalu, gue melakukan survey sama teman-teman kampus dan playboy-playboy seperjuangan lainnya tentang “apa sih selebtwit itu?”
 

Berikut adalah Frequently Asked Question yang gue dapat dan gue dengar dari hasil wawacanda orang-orang (yang katanya sih selebtwit).

Q: Selebtwit itu apa sih, bro?

A: Hmm, selebtwit? Selebtwit itu ya akun personal biasa. Cuma terkenal aja lewat Twitter.

Q: Kenapa bisa terkenal sih, bro?

A: Ya, karna banyak yang follow lah! Begimana sih.

Q: Kenapa bisa banyak yang follow?
 
A: Ya, karna terkenal.

ETDAHBUJUG. Serius dong.

A: Ya, karna ngetwitnya nggak biasa aja. Kalo non selebtwit itu ngetwitnya gitu-gitu aja, nah selebtwit ini ngetwitnya bikin orang lain pengin nge-RT.

Q: Udah berapa lama jadi selebtwit, bro?

A: Duhh, gimana ya. Udah lama juga sih, sejak 2009 gitu deh.

Q: Suka duka jadi selebtwit itu apa sih, bro?

A: Sukanya ya kalo udah nge-buzzer suatu produk lalu dapet duit. Dukanya ya kalo nggak dapet #FF aja.

Q: Hah, #FF? Itu apa bro?

A: Itu singkatan dari #FollowFriday sob. Sebagai selebtwit yang mabrur, kami harus menunaikan ritual #FollowFriday gitu.

Q: Bisa terangin lebih detail nggak bro tentang ritual itu ngapain aja?

A: Yaelahbro, main Twitter dari kapan sih? Kok nggak tau follow friday?

Hening.
Tapi kak..

A: Jadi gini, follow Friday itu promosiin akun selebtwit lain agar pengguna twitter lainnya bisa follow akun orang itu.

Q: Kok mesti harus jumat sih bro?

A: Soalnya kalo hari Sabtu, selebtwit pada malem mingguan. Ada yang bahas tentang tempat hangout malem mingguan yang cihuy, ada juga yang asik nge-bully para jomblo di TL. Kalo hari Senin sampe Kamis itu hari kerja. Gue ngantor sob.

Q: Jadi sesama selebtwit harus udah saling kenal dulu, apa kenalan dulu di Twitter, bro?

A: Biasanya sih udah saling kenal. Jadi logikanya,  kalo elu punya temen selebtwit, kemungkinan besar elu juga bisa jadi selebtwit kalo elu sering di-FF sama dia. Tapi banyak juga yang baru kenal di Twitter. Mungkin karna twitnya bagus, jadi mereka saling akrab. Terus saling #FF gitu. Jadi followers ngeliat mereka itu udah temenan sebelum main Twitter.

Q: Jadi kalo mau jadi selebtwit harus punya kenalan selebtwit dulu bro?

A: Nggak juga sih. Kalo elu sebelum main Twitter udah terkenal gara-gara Kaskus/Blogger/ atau komunitas lain, begitu main Twitter biasanya bakal cepet terkenal juga. Atau bisa pake jasa JBF. Jual Beli Follower. Kan rame tuh orang pada bikin akun alter, terus pake jasa promo berbayar di akun yang followernya udah banyak. Dengan sekejap elu bisa jadi selebtwit. Tapi ya pake duit.

Q: Wah hebat juga ya. Oke deh terakhir ni bro, kira-kira ada wejangan nggak nih buat calon-calon selebtwit di masa yang akan datang?

A: Hmm. Wahai generasi selebtwit penerus bangsa, jadilah selebtwit yang berlandaskan Pancasila. Sesuai dengan prinsip selebtwit “Beri aku 140 karakter, maka akan kuguncang trending topic world wide ini.”


Nggak kerasa udah sejam gue wawacanda ini orang. Roman-romannya dia udah makan asam-garam di Republik Twitter. Melihat perjalanannya dari tweet ke tweet, gue jadi punya sedikit gambaran tentang selebtwit-selebtwit ini. Mereka punya ciri dan karakter tersendiri yang menjadikan dirinya sebagai selebtwit.
Ya, dari apa yang mereka twit dan cara mereka nulis tweet.

Berikut adalah tipe-tipe selebtwit Indonesia.


#Sarcasm
Tipikal selebtwit ini adalah meletakkan pandangan-pandangan yang apatis atau cenderung bertentangan dengan pemikiran-pemikiran orang mayoritas terhadap suatu kejadian. Nyinyir, nyindir, dan gaya tweet yang sarkastik adalah ciri khasnya. Kok banyak yang follow? Karna nyindir dan nyinyir disukai oleh remaja Indonesia. Bukan berarti mereka salah, mereka juga sering bener kok. Selebtwit ini kritis pada perubahan. Biasanya tentang politik, lifestyle, atau semacamnya.


#StandUpComedian
            Terus menghibur para followers adalah kegemaran selebtwit yang satu ini. Biasanya kita bakal ngakak dengan isi twitnya. Seandainya isi twitnya garing, mereka selalu punya hashtag yang bikin twitnya jadi lucu. Sebagai non selebtwit, gue paling demen nge-stalk TL tipe selebtwit yang satu ini. soalnya gue garing. Oh,wait.. sebenarnya gue ini lucu, tapi ketutup sama garing aja.


#NaughtyBitchy
            Twit saru adalah ciri khasnya. Nyerempet-nyerempet bokep adalah misi utama dari tiap twitnya. Banyak dari followersnya terpaksa berpikir ngeres untuk menanggapi twit dari selebtwit ini. Tipikal selebtwit ini biasanya cewek cakep atau cowok ganteng. Cewek cakep ngetwit saru tentu aja bikin cowok-cowok jadi penasaran. Begitu juga sebaliknya. Sebagai non selebtwit, gue cuma bisa ritwit dalam hati. Kalo selebtwit ini ngetwit saru malah banyak yang ritwit, gue agak sedikit berbeda. Gue ngetwit saru malah di-report as sperm.


#Wordsmith
Iya-iya, gue udah pernah bahas ini di postingan sebelumnya. Sebagai non selebtwit, gue cuma bisa bikin puisi kacang. Ketika selebtwit ini berpuisi atau bersajak di TL, mereka sukses mengiris hati followersnya, membuat mereka terbawa suasana, dan akhirnya terlunta-lunta di depan layar henponnya. Sungguh luar biasa. Begitu gue ngetwit puisi atau sajak, gue sukses bikin para follovers unfollow gue.
Keren ya.


#CommonPeople
            Tipikal selebtwit ini adalah “We tweet what we want”. Ya, mereka ngetwit tentang apapun yang common people banyak lakukan. Semua segi kehidupan mereka bahas. Mereka tweet. Jadi jangan heran kalo selebtwit tipe ini jumlah twitnya udah ratusan ribu. Pernah iseng gue pantengin TL selebtwit tipe ini selama satu jam. Dan gue tercengang, dalam satu jam dia mampu ngetwit sebanyak 268 tweet. Lalu besoknya, di TL selebtwit yang tipikalnya nyaris sama, gue lakuin hal yang sama. Satu jam gue dapati dia mampu ngetwit 189 tweet. Jadi kalo di-average, selebtwit tipikal ini bisa ngetwit 200 kali selama satu jam.
Iseng banget gue ya.

Walau ini emang nggak akurat, makna yang bisa gue ambil dari selebtwit tipe ini adalah mereka punya kecepatan ngetwit di atas rata-rata. Informasi-informasi bisa sangat cepat mereka antarkan. Umpan-umpan lambung pun bisa cepat disundul ke permukaan. Luar biasa.


#LoveMaster
Pokoknya semua hal bertema cinta, berbau cinta, dan semua hal yang dapat membuat galau, dan apapun itu yang bisa bikin senyum-senyum sendiri adalah ciri khas selebtwit ini dan memang keahlian mereka. Nggak tanggung-tanggung, sajak dan puisi pun mereka banting ke timeline bersama para selebtwit tipe wordsmith. Kalo para lovemaster dan wordsmith udah ngetwit, habislah sudah timeline diacak-acak oleh rasa galau tak berkesudahan.




Nah, setelah kalian membaca ini, maka dengan ini saya menyatakan bahwa saya bukanlah akun selebtwit. Karena tak ada satupun tipe selebtwit di atas yang membuat saya nampak seperti selebtwit. #okesip


Apa jangan-jangan kamu yang selebtwit?



Share:

1 Komentar