The Passion

Mungkin gue bisa menyebut diri gue sebagai orang yang beruntung untuk hal yang satu ini. Bahkan kadang gue menyebut ini sebagai privilege karena sampai dengan hari ini gue belum pernah mengalami hal-hal buruk  yang dialami temen-temen gue. Dan semoga keberuntungan ini terus berlanjut.
Ya, pengalaman mengarungi Kota Jakarta bersama taksi online.

Nggak sedikit keluhan yang diterima teman-teman gue akan pengalaman buruk atau tidak menyenangkan ketika menggunakan jasa taksi online. Dari yang drivernya nggak ramah, drivernya nggak sopan, cat-calling di chat atau telpon, dan bahkan ada curhatan temen gue yang diturunin sama drivernya di tengah jalan pas lagi macet.

Di tengah jalan.

Ini persis kayak pacaran beda agama, belum sampe tujuan, udah diturunin di tengah jalan tuh hubungan sama orang tuanya. Kentang. Kena kentang.

DEEEEEEP..

Gue terbilang orang yang sangat rutin menggunakan jasa taksi online. Daripada membawa mobil sendiri dan didera kemacetan tak berkesudahan, gue lebih milih bobok di kosan mba bae. Capeknya sama, tapi manfaatnya jauh berbeda.

Dalam lima hari kerja, bisa tiga sampai empat harinya gue habiskan muter-muter di jalan. Dan dalam sehari, gue bisa bepergian ke dua sampai dengan tiga lokasi di Jakarta. Sehari mungkin bisa habis seratus lima puluh ribu hingga dua ratusan ribu rupiah untuk ongkosnya sahaja. Temen-temen di kantor selalu cengin gue kalau kerjaan gue tu sebenernya kurir JNE. Senin sampai kamis nganter barang, jumat sampai minggunya tepar di rumah gara-gara kena tipes. Jakarta memang keras.

Setiap harinya berjalan seperti biasa, nggak ada yang aneh, semua berjalan seperti pada umumnya. Gue pesen Gocar, ketawa-ketawa sama driver, drivernya baper, besoknya gue diwasap-wasapin, gue kasih rating lima bintang. Atau gue mesen gocar, terus di mobil bahas politik sama driver, terus dia 2019 mau ganti presiden, gue sama driver jadi slek-slekan, diem-dieman sampe tempat tujuan, gue kasih rating lima bintang. Atau gue pesen gocar, diem-dieman sampe tempat tujuan, gue kasih rating lima bintang.

Semua terasa baik-baik sahaja.

…sampai pada akhirnya yaitu di tanggal 3 juli 2018, siang hari setelah ngopi-ngopi siang di starbak Matraman, hal yang mungkin nggak akan kejadian dua kali dalam hidup gue, terjadi. Balikan sama mantan aja masih bisa kejadian tiga kali, kalau yang ini, seandainya driver ini gue cancel, pasti gue nggak akan ketemu dia lagi.

The greatest driver, ever..


======

Iya sih bentar, tapi sampai kapan Pak.. :(



“Gue harus sampe di kantor klien jam dua siang nih, sialan di-cancel mulu lagi.” Gue ngeliat jam di tangan kiri yang tinggal menyisakan waktu 39 menit saja untuk sampai di jam dua siang. Sambil menyeruput kopi mahal pujaan kelas menengah untuk yang terakhir kalinya ini, orderan Gocar gue akhirnya ada yang ngambil.

The driver is picking you up in 2 mins.

“Lah deket ini..” Gue ngebatin.

Fitur chat yang ada di dalam aplikasi Gocar tiba-tiba mengeluarkan notifikasinya. “Selamat siang Pak Downy, ditunggu sebentar ya Pak, sebentar lagi saya sampai di sana.” Karena Downy orangnya nggak suka entar-entarin bales chat cuma buat ngasih kesan ngga murahan dan pengin dikejar lebih gigih, langsung gue bales. “Oke pak, saya lagi ngopi.”

“Kalau sudah siap, kasitau saya ya, Pak.” Jawabnya lagi.

Hah?

Gue berpikir sejenak. Dia ini tau lokasi gue, udah tinggal 2 menit dari lokasi, what the hell are he waiting for dong ya? Sekitar dua puluh detik kemudian, gue langsung jawab lagi, “Oke pak, udah nih.”

“Oke Pak, saya ke meja Bapak.” Balasnya cepat.

Gue langsung celingak-celinguk kanan-kiri, depan-belakang untuk memastikan keanehan ini. Tepat tiga meja dari depan gue, ada seseorang lelaki berkemeja putih dongker yang digulung lengannya, bercelana chinos cokelat gelap, bermodel rambut underskin poni lempar kanan klimis dengan pomade hard and shine, dan bersepatu macam docmart berwarna coklat gelap.

“Ini mau narik ojol apa mau ketemuan sama kumpulnya anak twitter sih???” Gue ngebatin.

Dia menutup macbook air dari mejanya, memasukan ke dalam tas Tumi-nya, dia berjalan ke meja gue, menyambut gue, dan berbicara, “Baik Pak Downy..” Dia menjabat tangan gue, “Saya Angky, Pak.” “Hah, Cuangki?” Gue memotong. 

“Angky Pak. Mari berangkat Pak.” Dia membawakan tas gue sampai ke mobil, membukakan pintu belakang, menunggu gue masuk ke mobilnya, kemudian menutupnya, lalu dia masuk ke mobilnya, menarik sabuk pengamannya, menyalakan mobilnya dan menengok ke belakang,

“Maaf Pak, hari ini saya cuma bawa Jazz RS, soalnya cuma ini yang platnya ganjil. Tapi maaf agak sempit ni Pak, belakang Bapak ada ampli soalnya. Makanya saya hari ini agak takut kalau dapet order yang isinya rombongan, soalnya jok belakang nggak bisa dimundurin Pak.”

Interior mobilnya begitu berbeda, sungguh bukan hal yang biasa gue temukan di keseharian. Semua sarung joknya kulit. Dan begitu gue pegang, beeeeh asli ini, bukan jok kulit taksi. Mungkin satu-satunya benda berbahan kulit yang nggak asli di mobil ini ya cuma sepatu gue. Gue bengong dan begitu sadar langsung reflek ngomong, “Ini mobil dulunya pernah diikutin Bedah Rumah, mas?”

“Bukan Pak, dulu saya anak mobil, udah dimodif ini itu, terus bosen kan Pak. Terus dulunya ini mobil cuma dipake buat dugem, ya sayang aja Pak, mending buat anter jemput penumpang.”

Sampai di titik ini, gue mulai iba. Pasti ada yang salah dengan mental anak muda ini..

Mobil menyala dan mulai berjalan, “Mas, sesuai map aja ya.” Pinta gue.

“Baik Pak.” Jawabnya tegas. Dia memasang Iphone X di phone holder atas dashboard mobilnya. Dia menekan tombol voice di google, “Take me to Rasuna Said.” Dan google map menunjukkan jalannya. “Ini kalo dia belok terus narik rem tangan mampus ni..” Gue masih ngebatin.

Belum ada sepuluh menit perjalanan, kami terkena macet. Dia masih menggerak-gerakkan kepalanya pelan tanda menikmati alunan musik rock dari hape yang tak terjangkau kelas menengah itu. Ada jutaan pertanyaan yang mencuat di kepala gue tentang semua ini. Gue gundah, pasti ada banyak hal menarik dari Cuangki.

“Kesehariannya kalo nggak narik gocar, ngapain aja Mas?” Tanya gue membuka pembicaraan.

“Ngurusin bisnis ortu aja mas, sama lagi belajar main crypto-currency. Makanya tadi saya berhenti dulu di Starbak, itu karyawan saya ada yang nggak bener bikin laporan keuangan. Masa bikin neraca aja nggak balance gini. Ganggu saya narik aja.” Jawabnya.

“Waduu, beneran bukan orang sembarang ini Cuangki.” Gue ngebatin.

“Apa nggak sibuk banget tu mas? Kenapa nggak fokus ngurusin bisnis sama mining aja mas?” Gue gali terus pokoknya.

Cuangki hening sebentar. Dengan satu tarikan napas dia menjawab, “Saya ngegocar cuma buat ngejar passion aja, Pak. Saya seneng nyetir. Dulu mau jadi pembalap, udah sering trek-trekan di sentul, dilarang ortu. Mau narik bus malem, dilarang mertua. Akhirnya ngegocar biar nggak diomongin tetangga. Heran, punya tetangga mulutnya berbisa semua.”

Gue mau ngakak tapi kudu menjaga perasaan Cuangki. “Oh gitu mas, wah pelik sekali kehidupan Mas ya, coba ceritain lagi mas.”

“Saya sakit, Pak, kalau nggak nyetir sehari. Kemarin Pajero plat genap saya dikurung dua hari, saya ketahuan narik gocar seminggu penuh, konci pajeronya diumpetin mbak di rumah, terus besoknya saya dilarikan ke rumah sakit, kata dokter saya sakit kuning.” Jawab Cuangki sambil menatap gue ke belakang dengan nanar.

Bangsat ni orang.

“Ibu saya nangis pas tau saya diopname di rumah sakit, di situ ada bapak saya juga. Mereka pusing dari mana munculnya mental supir saya. Saya jawab kalau itu otodidak, mereka malah tambah marah.” Tambahnya lagi.

Beneran bangsat.

“Saya nggak nyangka ya mas, di usia belia sudah banyak didera masalah dan guncangan hidup seperti ini. Tapi bagaimana itu semuanya bermula mas? Nggak mungkin langsung pengin nyupir kan?” Saya mau peliara kucing aja gladi resiknya pake ikan cupang dulu lho, mas.” Gue terus gali, gali dan gali.

“Jadi gini Pak..” Cuangki mengecilkan suara music dan nampak serius. “Ini terjadi pas semester lima ketika saya pulang kuliah dari sebuah PTS ternama dengan uang semesteran termahal di Jakarta. Malam itu menjadi malam menegangkan buat saya. Saya dikumpulkan dengan kakak-kakak saya, di sana saya merasakan suasana interogasi. Bapak dan Ibu saya ingin setelah lulus kuliah saya menikah dan melanjutkan bisnis keluarga. Masalahnya, kakak-kakak saya tau bahwa ada yang menyimpang di dalam diri saya menurut ajaran di keluarga saya.”

Gue mulai mengernyitkan dahi, ada apa gerangan menimpa Cuangki di malam itu.

“Kakak-kakak saya mulai menyudutkan saya, satu per satu mulai membocorkan penyimpangan-penyimpangan yang saya lakukan selama kuliah ke ortu saya, Pak. Saya hampir mau menangis, saya belum siap kalau saya ceritain ini semua ke Ortu. Saya nggak bisa come-out begitu aja.”

“Angky, coba cerita ke mamah, ngaku sekarang, mamah nggak suka ya kalau Angky jadi begini.” Cuangki berusaha menirukan suara ibunya di percakapan itu.

“Saya udah gemeteran itu Pak, udah pasrah kalau saya ngomong terus diusir dari rumah.” Tambahnya lagi.

Anjing, breath-taking banget ini! Deg-degan anjir!

“Kakak-kakak saya terus menyudutkan saya Pak, semakin banyak mengadu ke ortu saya, bukti-buktinya pun dibeberin di meja Pak. Di situ ada foto-foto saya. Ibu saya sudah mau marah. Bapak saya minta saya mengakui tuduhan-tuduhan yang kakak-kakak saya lontarkan.”

“Wah seru sekali mas, terus mas Angky bilang apa jadinya?” Gue deg-degan.

“Iya, Pah, Mah, Angky udah mantap dengan pilihan hidup Angky..” Suasana malam itu kian mencekam. “Angky nggak mau nerusin bisnis papah, Angky juga nggak mau…”

“ANGKY!!! KAMU JANGAN KURANG AJAR YA!!!! JANGAN MENCORENG NAMA BAIK KELUARGA!!!!” Angky menirukan suara ibunya yang memotong kalimatnya.



“POKOKNYA ANGKY NGGAK MAU, POKOKNYA ANGKY TETEP MAU JADI..




..SUPIR!!”




Kakak-kakaknya diem. Bapaknya Angky diem. Ibunya Angky Diem. Gue yang dengerin, diem.


Anjing.



=======

“Pak sudah sampai ya. Maaf pak, nggak seharusnya saya ceritain ini ke bapak.”

Gue masih coba nenangin diri. “Oh gapapa mas Angky, yang penting mas Angky jalani hidup sesuai passion dan impian mas Angky.” Gue berusaha ngomong sekenanya.

“Pak Downy, terakhir dari saya, kenapa sih ada banyak ortu yang sampai hati membunuh impian dan passion anak-anaknya? Kenapa saya harus mengikuti passion yang nggak saya suka demi menyenangkan ego ortu saya? Kenapa banyak karyawan yang kerja nggak sesuai passionnya bertahun-tahun? Apa sih enaknya ngejalanin semua ini kalau nggak sreg di hati? Buat apa saya jadi karyawan kalau saya menikmati kehidupan jadi supir? Emang salah ya jadi supir?”

Gue yang mulai menarik tuas buat buka pintu, langsung terhenti lagi mendengar pertengahannya.

Gue diem lagi.

Kenapa sih gue jadi diem-diem gini.


Tanpa menjawab pertanyaannya, gue langsung membuka pintu dan melangkahkan kaki keluar.

“Pak Downy..”

“HETDEH APA LAGI MAS?” Jawab gue kesel.

“Ratingnya tolong lima bintang ya Pak, kalau rating saya jelek, terus kesuspen, terus nggak bisa narik, nanti saya sakit kuning lagi, Pak.”



BODO AMAT.



Sungguh hari yang melelahkan.

Share:

28 Komentar

  1. Ngakak baca ini, merendah untuk meninggi itu cuangky.. Ala2 sinetron indos*ar wkwkw

    BalasHapus
  2. Kok jadi salut sama cuangky yg memperjuangkan passionnya ��

    BalasHapus
  3. NGOHAHAHAHHAHAHAHAHHAHAHAHAHHAHAHAHHAHAHA

    BalasHapus
  4. Da best ya si cuangky, pengen kayak dia (status) kayanya aja

    BalasHapus
  5. Hhahahahhhahaha..tulisan yg keren

    BalasHapus
  6. Gak ada iba-ibanya anjir, pas si Cuangki bilang sakit kuning di akhrir, malah di'bodoamat'in. Kejam.

    BalasHapus
  7. Hahahaha gelaa ini beneran btw?

    BalasHapus
  8. Hahaha sombong sama curhatnya tipis banget yak. Tapi kalo emang suka jadi supir kenapa gak bikin usaha taksi aja yak. Hahah

    BalasHapus
  9. hahah namanya juga 'cuan'gki..uda passion banget ini ceritanya

    BalasHapus
  10. Pibter nulis juga ternyata...

    BalasHapus
  11. sering sering nulis di blog mas... hahaha

    BalasHapus
  12. parahhhh.. ngakak bener awak.. wkwkwkwkw... Bang.. posting yg cinta² lagi dong.. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah kalo nulis cinta-cintaan, mesti galau dulu soalnya hahahaha.

      Hapus
  13. Aslii mgakak bgt baca nya 😂

    BalasHapus
  14. -semoga dibaca ini komentar-
    Mas/Pak/Om/Agan Downy, hamba sedang kebingungan ketika ditanya tentang passion dan impian saya. Tolong bantu hambaa ��

    BalasHapus
  15. kalo mas cuangki msh single,aku mau jadi pacar nya deh

    BalasHapus
  16. gile bang, lama bener ga nulis, tiap bulan saya ngecekin
    wkwkwk

    BalasHapus
  17. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    BalasHapus
  18. don lu nulisnya setaun sekali ya... tambah atuh

    BalasHapus
  19. enyenangkan ketika menggunakan jasa taksi o

    Video Bokep Indo | Nonton Film Bokep Gratis
    Nonton Online Video Bokep Streaming
    Nonton film bokep streaming terbaru di bokepindohot.pw dimana bisa mencari video bokep abg, film bokep smu, film bokep abg cantik, film cewe seksi, abg montok, bokep indo, bokep online, bokep smp, video bokep jilbab.
    Crot Bergetar
    Pengalaman Nafsu ABG Sange Di Goyang
    crotbergetar.blogspot.com
    #crot #bergetar #crotbergetar

    BalasHapus
  20. Donn tahun 2019 lo ga nilis. Dan 2020 lo hrs nulis yha. Aku suka karyamu

    BalasHapus
  21. Hahaha..... Ini cerita nya beneran gak sih? Barusan aja nemu blog ini dan seperti nya bakal sering mampir. Tapi kayaknya lama gak di update ya?

    BalasHapus