Tipe-tipe Akun Twitter
Halo!
Selamat datang kembali di blog yang tidak paling kalian nantikan dan tidak
paling kalian tunggu. Kali ini gue nggak lagi ngomongin cinta, soalnya gue sama
dia lagi baik-baik aja. Sama pacar orang
juga lagi baik-baik aja. Sama cowok yang ceweknya suka gue sepik di timeline, juga lagi baik-baik aja.
Kadang, menulis sajak bahagia pun terasa tak bermakna.
Sepi
ya.
Daripada
gue nyari gara-gara dengan terang-terangan nyium cewek orang di depan pacar
sendiri demi mendapat kalut dan getir agar menghasilkan tulisan yang bernada
parau, gue mending nyari kesibukan yang lebih positif.
Pernah
merhatiin orang main twitter nggak? Bukan. Bukan merhatiin avatar cewek yang
lagi mamerin tetek atau selangkangan lalu follower-nya jadi banyak. Bukan. Tapi
merhatiin gaya ngetwit dan konten twit mereka. Gaya ngetwit dan konten twit ini
seolah-olah membentuk tipe-tipe akun twitter.
Keren ya. |
Berawal
dari keisengan, malah keterusan gue perhatiin. Yaudah, daripada nggak
penasaran, cekidot!
#CommonPeople
Ini
adalah tipe akun yang paling banyak ditemui ketika seseorang memutuskan untuk main
twitter. Sekitar 80% lebih akun bersifat personal ini berseliweran di timeline. Akun mayoritas ini talk about event and talk about others. Jadi jangan heran
kalau kita menemukan twit mereka yang berisi “Gue lagi di sini sama anu, makan anu, rasanya anu.”. Mereka akan
dengan senang hati ngasitau posisi mereka lagi di mana, dan mereka juga akan
sangat girang ngasitau apa yang sedang mereka lakukan.
Twitter
kan selalu nanya, “What’s Happening?”
ke penggunanya, dan tipe akun Common People ini adalah yang akan menjawabnya
tanpa pamrih. Yea, they talk about events.
Kalau
ngeliat orang curhat di twiter tanggapan kalian apa? Kalau tanggapan gue, orang
yang suka curhat di twitter itu seperti cepirit di celana, terus celananya
dibuka di depan khalayak ramai. Pertanyaannya: Apakah orang-orang yang
melihatnya akan berdecak kagum pada corak cepirit yang nempel di celananya?
Lalu
darimanakah asal muasal kata nyindir dan nyinyir? Entahlah, tapi tipe akun Common people ini mahir dalam
menggunakan dua kata di atas. Jadi jangan heran kalau mereka nyinyir dan
nyindir secara nomention di timeline kalian.
Sekali lagi, jangan heran. Yea, they talk
about the others.
#LoveBunnies
Tipe
akun ini nyaris seperti tipe common
people, tapi ada sedikit jurang pembedanya. Pernah liat orang pacaran di
twitter? Pernah liat orang pacaran di twitter terus berantem dan berujung saling
memaki? Pernah liat orang yang pacaran yang jadiannya di twitter dan putusnya
juga di twitter? Yea, Mother of FTV.
Mereka adalah inspirasi penulis skrip FTV-FTV. Mereka tergolong tak
berperikeasmaraan.
#NewsUpdate
Tipe
akun yang menyajikan berita tajam, akurat, dan terpercaya. Biasa dilihat dengan
twit berisi link berita. Dan nggak usah kecewa kalau mention nggak dibalas.
Mereka pakai sistem admin dan bot. Jadi kalau lagi kesel sama pacar, coba aja
maki-maki akun berita ini. Dijamin nggak akan marah. Dibales juga nggak. Tapi
ada loh akun yang menyajikan berita-berita tajam, akurat, dan terpercaya yang
kalau dimention bisa membalas. Sebut saja @my_supersoccer yang terkenal dengan
gaya sarcastic twit dan @terselubung
yang sampai saat ini gue nggak pernah ngerti dia dapet berita-beritanya dari
mana.
#KEPOaddict
Tipe
akun yang sampai sekarang masih bikin gue nggak ngerti kenapa hashtag yang dia buat bisa jadi trending topic, cuma karena
nanya/ngepoin follower-nya dengan pertanyaan ber-hashtag. If you know what i
mean..
#Frontality
Terkenal
dengan twit-twit yang menyuarakan isi hati. Nyaris semua tipe akun frontal ini
bukan akun pribadi/personal. Jadi cuma ngetwit dan nggak akan bales mention.
Gue melihat ini sebagai ladang dan lumbung memaki satu sama lain. Karena
twitnya memang selalu nomention dan semua followernya bebas nge-RT buat nyindir
temennya yang lagi dia sebelin saat itu.
Contoh
twit frontal: “HAHAHA MOBIL BOKAP LO AJA
LO BANGGAIN. MATI AJA KE LAUT LO. HAHAHAHA”
Gue
yakin akan banyak banget yang nge-RT twit ini. Entahlah, walau akun-akun ini
terkesan labil karena terus menyindir dan memaki, toh dia digemari para pengguna
akun twitter lainnya. Terbukti dengan follower-nya yang ratusan ribu.
#Educoholic
Twit-twit
yang mendidik dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik adalah ciri
khasnya. Biasa dimiliki oleh akun publik maupun akun pribadi. Kultwit atau kuliah twit adalah tehnik
mereka untuk menjabarkan suatu ilmu di timeline.
Gue pernah ngebaca twit seorang selebtwit
yang bilang kayak gini: “Kultwit jangan
kepanjangan, ntar nggak ada yang ngeritwit loh.”
Ini
lucuk, sumpah!! :))
#ThirstOfMotivation
Twit-twit
yang akan membuat kita bangkit sekali lagi, membuat kita mengerti arah jalan
pulang, dan membuat kita percaya bahwa kita bukanlah butiran debu, adalah ciri
khas dari tipe akun ini. Biasanya, tipe akun ini cuma ngetwit motivasi dan dia
nggak akan bales menition. Akun-akun bertipe ini bagus untuk mereka yang ingin
pandai menjaga emosi dalam hidup ini, terutama hidup di ranah per-twitteran
yang makin hari makin kejam. Dan tentu saja tipe akun ini difollow oleh
ratusan, bahkan jutaan orang di muka bumi ini.
#BussinesMaster
Tipe
akun ini biasa dimiliki oleh para pengusaha atau pebisnis. Mereka rutin
memberikan pelajaran tentang cara berbisnis, motivasi berbisnis,
event-event/gathering para pengusaha, dan seminar motivasi. Selain itu mereka
juga sering ngetwit motivasi di kehidupan. Bedanya dengan tipe Thirst of motivation, mereka ngebales
mention.
Gue
sering stalking timeline mereka buat
nambah wawasan ilmu dan bisnis. Itung-itung ngurangin pengangguran di masa
depan.
#OnlineBussines
Tipe akun ini aktivitas utamanya
adalah ngetwit barang dagangan. Banyak dari mereka juga ngetwit tentang cara
memulai bisnis. Tipe akun ini emang persis dengan tipe Bussines Master, bedanya mereka jualan. Online shopping gitu. Barang
yang dijual juga beragam, seperti batik bola, jersey klub bola, gadget, console
game, produk kecantikan, behel, obat kuat Viagra dan masih banyak lagi. Kalau
pacar orang bisa dijual, mungkin bakal mereka jual juga. Namun sampai sekarang,
belum ada OL shop yang jualan jodoh.
Denger-denger,
pacarmu itu dapet dari OL shop, ya? Emang OL shop-nya jualan apa? CHIKI?!?
Pantes.
#GalauUNITE
Tipe
akun yang twitnya begitu dipuja, digilai, digandrungi, dan diritwit secara
nggak santai oleh segenap jiwa para anak muda ini, menyumbang banyak kontribusi
dalam kegalauan dunia Twitter Indonesia. Sebut saja salah satu yang paling
keren dalam tagline-nya, “Nggak galau,
nggak gaul” membuktikan bahwa tema perih dalam cinta adalah komoditi yang
laku keras di pasaran. Bagaimana dengan jumlah follower-nya? Setiap akun
twitter yang bertema galau, nggak ada yang dikit. Minimal puluhan ribu. Wow!
#Wordsmith
Ketika
bicara cinta sesungguhnya, ketika bicara tentang roman picisan sebenarnya,
ketika bicara arti hidup segetirnya, dan ketika bicara tentang wajah Tuhan dalam wajah perempuan, maka
tipe akun inilah yang menjadi juaranya. Berdiri di paling depan dengan kalimat
menusuk dan merasuk kolbu, para pemilik akun yang digadang-gadang sebagai seorang
pujangga ini, begitu digilai dengan kemampuannya dalam menguntal dan menguntai
kata menjadi air mata. Bahkan beberapa ada yang mampu menggunakan kangen untuk
melipat jarak menjadi seumpama kata.
Tipe
akun wordsmith akan selalu berpuisi
di tiap kesempatan. Bahkan, saat menjelang bersin, ia masih mampu menulis
syair, yang kemudian dia bacakan setelah bersin. Jadi wajar saja syair, pantun,
rima, dan quotation, adalah trademark mereka yang lazim ditemukan
di timeline kalian.
#StandUpComedian
Tipe akun ini jelas menghibur dan
bikin mules perut karena ketawa. Tuhan itu maha adil, Ia datangkan para
comedian ini untuk menghibur para tuna asmara agar sejenak melupakan
kesendiriannya, lewat twitnya yang muncul di timeline kalian. Tipe akun ini bisa berupa akun publik yang nggak
akan bales mention, atau akun personal yang ketika bales mention, masih
sempet-sempetnya ngasi balesan yang bikin ketawa.
#respect
#Buzzer
Biasa
mempromosikan sesuatu ke dalam timeline kalian. Baik berupa dagangan,
informasi, atau ajakan ke sebuah event tertentu. Orang yang melakukan buzzer ke
dalam timeline kalian akan mendapat upah. Jadi, siapapun bisa menjadi buzzer
asalkan mempunyai follower yang banyak.
Dan
ini yang paling ramai dibicarakan di republik Twitter.
#Selebtwit
Sebenernya,
gue nggak pernah ngerti kenapa ada sebutan untuk tipe akun ini. Selebtwit
adalah mereka yang terkenal di republik Twitter jelas karena twitnya. Kalau
dilihat dari cara ngetwitnya, selebtwit adalah akun personal yang ngetwitnya
sama seperti tipe akun common people.
Lantas mengapa mereka disebut selebtwit? Mengapa mereka terkenal?
Jawabannya
sederhana.
Mereka
ngetwit dengan cara yang sedikit berbeda.
Tulisan mereka sedikit tidak biasa.
Contoh 1:
Bukan
selebtwit: “Aduh, laper nih.”
Selebtwit:
“Laper tingkat duda anak tiga.”
Contoh 2:
Bukan
selebtwit: “Ciee yang LDR,, nggak malem
mingu ciee”
Selebtwit:
“Ciee yang LDR, Loro Digebukin Rindu,
ciee”
Contoh 3:
Bukan
selebtwit: “Kalo LDR gini terus, gue bisa
kepincut ama yg deket nih” :))))
Selebtwit:
“Maksud hati ingin bertahan kepada yang
jauh, tapi apa daya cinta bersemi kepada ia yang dekat.”
Ketemu
bedanya? Mungkin gue nggak tau banyak karena gue emang bukan selebtwit, tapi
dari banyak selebtwit yang gue tau, mereka itu..
Kreatif.
Bagaimana dengan follower-nya? Nggak usah ditanya lagi!!
Jadi, kamu tipe akun twitter yang mana?
Tags:
Filosofi kacang
3 Komentar
Cieeee..si Donyi termasuk selebtwitt tingkat duda anak tiga..cieee hahay
BalasHapusHAHAHAHAMPRETTT. Bukan woy! :))
BalasHapusnambahin tipe akun #follbacker hahaha
BalasHapusyang sebagian besar tweetnya cuma minta follback
sumber : dari pengalaman sendiri ahaha