Long Distance Religionship - chapter 8


#8

            Besoknya, gue bangun jam 7 pagi. Iman sudah siap dengan seragam pramukanya. Hari ini hari sabtu, gue yang baru bangun sambil nguap-nguap lucu, nanya ke Iman.

“Man, lu pulang jam berapa entar?”

“Paling jam 1-an fan. Emangnya kenapa? Lu mau jalan sama dea?”

“Iya man, gue rencana mau buat kejutan buat doi sore ini.”

“Bisa sih, Fan. Emang mau buat kejutan gimana?” Tanya Iman lagi.

“Gak kejutan juga sih. Kan gue ke sini nggak bilang-bilang ke Dea. Katanya, dia malam ini mau jalan sama temennya. Entar sore gue mau ketemu dulu sama dia, tapi tanpa sepengetahuan dia. Kira-kira, dia deket sama siapa di sini, Man?”

“Hmm, ada nih temen deketnya dulu, mantan gue juga sih, namanya Putri. Mereka lumayan deket tuh.”

“Oh yaudah, entar lu tanyain Putri ye, ajakin si Dea jalan entar sore. Ajakin ke taman aja. Entar kita standby duluan di sana. Gimana?”

“Nah, ide bagus tuh. Yaudah, entar gue bilangin ke putri. Gue pergi sekolah dulu, udah telat nih gue!”

“Oh, oke sip deh. Hati-hati, Man.”

“Iya, papa pergi dulu ya maa..”

“Papa! Papa!! Tunggu Papa!!! Tidakkkkk..” Teriak gue melihat punggung Iman yang mulai menghilang di balik pintu.

Lalu gue salim tangan dia, cipika-cipiki. Dan.. ah bukan apa-apa.

Gue langsung telfon Dea.

“Dea, lagi di mana?”

“Aku di rumah, lagi nemenin adek nih. Kenapa sayang?”

“Oh, gak papa kok. Entar malem jadi jalan sama temen kamu?”

“Jadi deh kayaknya, temen-temen aku udah iya-in kok. Kenapa sayang?”

“Oh yaudah, gapapa sayang. Jangan lupa sayang aku ya..”

“Iya sayang. I love you..”

“Love you too..”

Gue kasmaran sendirian.

Hampir setahun gue nggak ngeliat dia. Entar sore bakal ngeliat dia.

Lagi..

“Kau tau, kita seperti pokok. Mengakar kekeringan, mengukur kejauhan. Dari rindu, ke temu, dari  aku, ke kamu.”

Aku kasmaran.

====

           
            Karena masih ngantuk berat, gue memutuskan untuk melanjutkan tidur yang terputus, gue tidur lagi.

Bangun-bangun, udah ada Iman di sebelah gue, lagi main hape.

“Man, sejak kapan lu pulang? Kok lu ada di sebelah gue? KAMU APAKAN AKUUUUHH!!” Gue Histeris.

“Nggak gue apa-apain kok.” Bales Iman, datar.

“TAPI KENAPA AKU NGGAK PAKAI BAJU GINI, MAN? CELANA AKU MANA?! DI MANA CELANA AKU, MAN?! JAWAB, MAN!! JAWAB!!”

“Tenang-tenang, tadi pake pengaman kok..” Bales Iman, sekenanya.

Oke, nggak gitu.

Balik ke cerita.

“Man, gimana tadi? Udah ngomong ke Putri, belum?”

“Wah, tadi gue nggak ketemu sama Putri, Fan. Gue malah ketemu guru Geografi, katanya tugas gue salah semua..” Jawan Iman, nanar.

“Yah, lu malah curhat. Serius ini!!” Teriak gue sambil nyubit pipi Iman.

“Iya Fan, tadi nggak ketemu. Tenang, gue punya nomernya. Ini gue sms.”

“Oke.”

Iman sibuk dengan hapenya. Gue cuma duduk sambil main gitar. Tak lama kemudian..

“Fan, Putri bales nih. Katanya bisa entar sore. Gimana?”

“Serius? Okelah. Ayo kita siap-siap!” kata gue semangat.

“Sekarang? Ini masih jam 2!!”

“Oh iya.. Yaudah, lu bawa gue keliling-keliling, kek. Bosen nih gue.”

“Mau kemana? Ini kan siang banget. Panas gila! Entar gue iteman gimana? Entar lu nggak mau lagi sama gue gimana?!”

“………”

Setelah berdebat sengit untuk waktu yang cukup lama, kami memutuskan untuk hidup bersama. Ah, bukan..

Kami memutuskan tetep di rumah, nggak ngapa-ngapain. 

krik.


====


Gue yang udah nggak sabar pengin ketemu sama Dea, cuma bisa menunggu. Menunggu itu hal yang mudah, bagi mereka yang tidak menunggu.
“Fan! Ayo siap-siap. Udah jam 3 ini!” Kata iman yang udah rapi, dengan rambut yang klimis disemir Alteco.

Gue yang belum mandi dari pagi pun, tanpa pikir panjang langsung bergegas mandi.

“SMS Putri, Man. Bilang kalau kita udah mau ke taman.”

“Oke, ini gue SMS!” Jawan Iman, mantap.

            Waktu menunjukan pukul 4 sore, tidak terlalu panas, tidak terlalu mendung. Hari yang cerah untuk jiwa sepi.  Gue sama Iman duduk di bangku taman, sambil menunggu Putri sama Dea yang sedang menuju ke sini. Sembari menunggu kedatangan, sekali lagi, iya sekali lagi, Iman memecah kesunyian.

“Nama kamu Irfan, aku Iman. Sama-sama I. Jangan-jangan kita jodoh..”

 “Ah ngak gitu.. nggak…. Lama banget ini si Putri sama Dea.” Gue mengalihkan pembicaraan.

“Iya nih, udah hampir setengah jam nih. Sabar Fan, paling bentar lagi… Oh ya, entar kalau ketemu sama dea, gue entar menjauh sama Putri, ye. Ya itung-itung nostalgia sama mantan..”

Ternyata momen ini dimanfaatin buat nostalgia sama iman. Sial. Pantes aja dia semangat banget nganterin gue ke taman!

“IYA MAN, IYA.” Kata gue nyolot.

“HAHAHAHAHAHA! Oke. Jadi, udah berapa lama lu sama dea?”

“Hmmm, udah hampir setahunan sih ini man. Tapi ya gini, ldr. Capek juga lama-lama. Lagian….”

 “BRO, DEA ITU BRO!” Iman memotong.

“HAH?! MANA BRO, MANA?” Kata gue sambil celingak-celinguk.

“Arah jam 5, bro!”

“Sekarang masih jam 4, bro.”

“Ah taik, bro.” Jawab Iman, ketus.

             Gue noleh ke arah yang ditunjuk Iman. Di sana gak ada siapa-siapa. Hati yang dari tadi deg-degan, kini makin keras bunyinya. Iya, jatuh cinta kan perihal jantung yang deg-degan.

“Apaan man? Gak ada siapa-siapa..” Gue komplain ke Iman.

“Yaelah, gitu aja nggak liat. Bego benar. ITU BRO, ITU DEA, BRO!” Iman nunjukin pake jari.

“Ah taik bro, itu arah jam 2, bro.”

“Gapapa bro, meleset dikit, bro.”

Facepalm.







Gue  langsung keluarkan diary dari dalam saku, kutulis saja barang semenit dua menit.

            “Dari kejauhan, telingaku menangkap jauh suaramu. Semakin detak, semakin cepat. Semakin detik, semakin dekat. Dia yang tersenyum malu, seperti tidak menyangka bahwa aku berada tepat didepannya. Dia bahagia sekali, bahagianya tak bisa ia ungkapkan, ia lebih memilih lewat pelukan. Ia memelukku dari belakang. Erat sekali. Mungkin, cara terbaik merayakan pertemuan, adalah dengan pelukan. Karena pelukan, mampu mengutarakan apa yang tak mampu diutarakan.”

Akhirnya aku menemukanmu.






“I-irfan? Kok kamu di sini sih? Kok bisa?” kata Dea, sambil menyembunyikan heran dalam senyuman.

Gue cuma diem, sembari mengambil tangan Dea yang haus akan genggaman.

“Kok lama sih, Put? Gue nunggu dari tadi nih.” Tanya gue sambil menggenggam Dea.

“Hahaha, ya maaf, Fan. Ini si Dea, dandannya lama banget.”  Bisik Putri sambil ngelirik Dea.

            Setelah berhasil menggenggam, sekarang Dea berada dalam pelukan. Hangat sekali, ya Tuhan. Gue ngeliat iman, dia cuma senyam-senyum cemburu ngeliat gue sama Dea yang masih dalam pelukan. Begitu juga dengan putri. Begitu juga dengan Dea. Begitu juga dengan taman ini.

“Put, kita jalan yuk, di sini panas..” Kata iman sambil ngelirik ke gue. Padahal ini kan sore, nggak panas. Putri yang nangkep maksudnya iman, langsung meng-iya-kan ajakan iman. Alhasil di tempat ini, cuma tinggal gue dan Dea.

“Engg, hehehe. Ini mau meluk sampai kapan? Aku gak bisa napas nih..” kata gue bercanda.

“Hahahaha, iya.”

Dia duduk disebelah gue sambil senyum-senyum sendiri. Gue nyangka, dia gila karena senyum-senyum sendiri. Ternyata benar, dia gila karena pertemuan, aku gila karena dia. Entahlah.

“Ehem.. jadi, entar malem fix jalan sama temen kamu?” Tanya gue dengan nada mengejek.

“Emmmm gimana ya. Hahahaha.”

“Sama temen, atau sama aku nih?”

“Sama kamu aja deh!”

“Katanya mau jalan sama temen…”

“Enggak, kan udah ada kamu disini.. hehehe. Kok bisa kesini sih?” nadanya seperti masih tidak percaya.

Gue cuman senyum. Dia juga senyum. Speechless sekali..

            Dari bau parfumnya, cara bicaranya, sampai baju kuning dari bali dan celana panjang putihnya masih gue inget sampai sekarang. Kenapa gue inget? Ya karena gue nyimpen fotonya.


Yang warna biru itu bukan gue, itu tiang. Gue yang lagi duduk. Bukan, bukan yang ada kacanya, itu helm.


            Ini salah satu taman yang ada di Paser, tamannya sejuk. Pas buat pacaran. Banyak semak-semaknya, paling enak kalau pacaran malam-malam nih. Maaf ya kalau gue sedikit tak berperikeasmaraan.

Berawal dari pertemuan sore itu, malamnya kami meneruskan untuk jalan berdua. Apa yang nggak bisa gue rasakan di gagang telfon, kini gue alami. Sesekali melihat wajahnya, ingin sekali kutulis sesuatu di bibirnya.


Pukul tujuh malam, kurung buka titik dua, singkat kata aku bahagia.








from @Irfannyhanif feat. Don Juan

Share:

0 Komentar