The Rarest Love?

Gue masih terdiam sembari menunggu apakah ada notif Watsapp masuk darinya. Satu jam, dua jam, bahkan sampai kesabaran ini terkikis habis yaitu sampai dengan dua jam lewat tiga menit, notif yang gue tunggu nggak kunjung datang. Alih-alih mendapat balasan, centang biru di Watsapp ini pun tidak menunjukkan batang hidungnya. Pertanyaan paling manusiawi yang terlintas di kepala gue saat itu cuma satu,

“Dua permen loli milkita setara dengan berapa gelas susu, sih?”

Ah, bukan.

“Gue salah apa lagi, sih?

Perihal pedekate-in cewek selalu menjadi masalah dan menjadi hal yang nggak pernah mudah buat gue. Bahkan, gue yang notabene sampai di penghujung 2016 ini berhasil mengantarkan tiga orang mantan gue ke depan pintu gerbang kemerdakaan, umm, maksud gue – berhasil membuatnya menikah dengan cowok lain – gue  tetep nggak pernah menemukan sebelas bumbu rahasia bagaimana cara akrab dengan cewek dalam hitungan yang sebentar.

Cara yang gue pake buat bisa ngobrol enak sama Naya, ternyata nggak berhasil ketika gue pakai untuk deketin Cintya. Cara yang sukses bikin Cintya ilfil sama gue, ternyata bikin Clara berani mengutarakan perasaannya sayangnya ke gue – suatu kejadian di mana cewek akan mikir ratusan kali buat melakukannya (tapi pas seminggu putus terus bobok sama cowok yang baru, kok cewek cuma mikir sekali, yha?)

Kalau dibuat statistik, jam terbang gue dalam pedekate ke cewek sungguhlah juara…. harapan. Passing gue akurat, interception gue paripurna, duel udara gue di atas angin. Sayangnya, lagi-lagi, tim sepakbola yang juara itu dilihat dari jumlah gol yang dibuat, bukan dari berapa banyak operan yang dilakukan. Ini persis kayak Arsenal yang mainnya nggak cantik-cantik amat terus cuma bisa finish di posisi empat setiap tahunnya. Begitu halnya dengan gue.

Acong, teman gue sedari jaman kuliah, di sela-sela acara nobar bola di suatu kafe yang lebih tepatnya disebut warung yang kita singgahi bersama, menepuk bahu gue,

“Don, lo ini terlalu ke-Emyu-Emyu-an.”

“Hah, maksud lo apaan, Cong? Agama di kolom KTP gue Manchester United, nih. Menghina Manchester United berarti menista agama. Ah, udah bulan puasa belom sih ni? Gue tutup juga ni warung.” Jawab gue kesel.

“Bukan gitu, kisah asmara lo ini kayak cara mainnya Manchester United. Dipenuhi pemain bintang yang digaji pakai logika tidak sehat, menguasai jalannya pertandingan, tapi akhirnya cuma seri, ngegolin aja kagak.”

Gue terdiam dan berusaha mencerna perkataan Acong. “Iya, lu udah jemput sana-sini, udah bayarin ini-itu, udah telpon-telponan sampe subuh, udah main catur di pos ronda sama bokapnya, tapi tetep aja lu nggak jadian sama dia.” Acong kembali menambahkan.

“Njrit!” Teriak gue dalam hati sambil berbisik kalau apa yang dibilang Acong sebenernya ada benernya.

What’s happened to me after all?

=====

Relationship is an open tender, everyone can submit their proposal, so make sure you have an excellent portofolios. Potongan kalimat dari bit stand up comedy Muhadkly Acho ini sebenernya sudah menjelaskan apa yang gue lakukan sejak dari SMA untuk menghidupi hati gue akan kebutuhan cinta. Kerjaan gue cuma satu: nenteng map warna merah yang isinya CV dan sertifikat-sertifikat prestasi. Ngelamar kerja di perusahaan orang, ikut fit and proper test dengan puluhan love-seeker lainnya, dan gagal di saringan tahap pertama. Kemudian mencoba peruntungan baru di perusahaan lainnya, lalu gagal di tahap – bahkan belum masuk tahap pertama, gue udah diusir di depan pintu hatinya. Lalu nyoba lagi di perusahaan cantik lainnya, kemudiam gitu lagi, gagal lagi, gitu lagi, dan gitu terus sampe Yonglek ikut eksul tari saman.

Ternyata nggak mudah diterima di suatu perusahaan. Gue gagal dari satu hati ke hati lainnya. Terbuang dari satu hati ke hati lainnya. Kadang, gue suka iri sama cewek-cewek cakep, mereka tinggal duduk manis di singgasana, nyeleksi cowok-cowok yang berusaha memberi perhatian lebih dengan effort yang begitu besar untuk bisa dapat satu posisi krusial di hati cewek tersebut. Kemudian cewek cakep ini tinggal bilang “maaf kita jadi temen aja” ke kontestan yang dieliminasi.

Dan untuk gue yang dari sisi packaging aja masih kalah bagus dari bungkus hadiah chiki, kalimat “maaf kita jadi temen aja” udah jadi cemilan sehari-hari. Dulu gue pernah dicengin Acong gara-gara makan mie ayam pake nasi, namun dengan cepat gue jawab, “Masih mending ini cuma mie ayam, kalimat maaf kita jadi temen aja gue makan pake nasi kok!”

Semenjak itu, Acong kalau papasan sama gue di jalan langsung salim.

Sampai dengan kegagalan-kegagalan gue hari ini,  setidaknya gue mendapati tiga pola percintaan yang pasti kita alami di hidup yang fana ini..


======


Menurut gue, seluruh aktivitas jatuh cinta di muka bumi ini, 80%-nya terjadi diawali dengan cowok yang suka, yang deketin, dan confess duluan. Semua full service dilakukan oleh cowok duluan dan cewek tinggal duduk manis dan melakukan seleksi. Enak banget pokoknya.

Mungkin ini juga alasan kenapa cowok melempem pas pacaran, karena cowok udah grasa-grusu dan full effort di depan. Dan gue rasa ini adalah sebuah sindrom yang diderita banyak cowok. Karena pedekatenya makan banyak tenaga dan usaha, begitu udah jadian, yaudah, udah menang, udah dapet trophy-nya. Makanya munculah banyak seminar motivasi tentang bagaimana membina sebuah hubungan. Bolu juga pernah bilang bahwa untuk hal yang belum pasti aja, cowok berani dan rela keluar effort yang besar, termasuk pedekate.

Gue termasuk dalam nominasi pemeran pembantu paling apes untuk skenario di atas.

Layaknya beauty contest, tentunya gue harus menjadi kontestan paling bagus di antara lainnya sehingga cewek incaran gue menjatuhkan pilihannya ke gue. Lalu bagaimana Downy yang amatir ini bisa memikat cewek? Di sini lah keapesan gue bermula dan tiada berujung..

Ngasih makan egonya setiap hari.

Gue bahkan nggak tahu ternyata berlaku baik dan istimewa ke gebetan layaknya ratu, ada efek samping yang nyatanya merugikan gue. Perhatian-perhatian kecil hingga besar ini ternyata candu buat gebetan atau pacar gue saat itu. Dan apesnya, perlakuan yang gue berikan, hanya satu arah, nggak berlaku ke gue. Nggak timbal balik. Ngambek adalah respon yang dia berikan kalau gue nggak bisa ngasih makan egonya. Apa nggak sedih ketika kamu udah berlaku baik tapi yang didapat cuma ngambek, ngambek, dan ngambek?

Kok pacaran malah jadi gini?

Gue selalu introspeksi dan bertanya ke kanan-kiri. Apakah gue yang nggak bisa bahagiain dia, atau dia yang memang sebenernya nggak butuh-butuh gue amat. Dan ini kejadian di 3 mantan gue. Mereka semua cantik, embem, dan saking embemnya, gue harus nahan insekuritas dan jealous karena mereka selalu diincer cowok lain.

Belakangan gue sadar, inilah duka-dukanya menjadi kontestan. Gue yang datengin dia, gue yang deketin dia, dan gue yang mengawali semuanya. Oleh  karena dua hal ini: Gue yang butuh dan gue yang cinta dia duluan.

Apa resiko terbesarnya?

Sehebat-hebatnya, sesabar-sabarnya gue, pasti akan ada suatu titik di mana gue nggak mampu menciptakan rasa butuh yang sama antara kebutuhan gue akannya dengan kebutuhan dia kepada gue. Inilah fase di mana cowok ngemis-ngemis cinta ke cewek. No bargain position. Gue cinta dan butuh dia banget, dia b aja ke gue.

Kalau boleh milih, gue nggak mau lagi ada di fase ini. Tapi sayang, muka berkata lain. Cowok yang kemasannya kurang menarik dan yang nggak tahan dingambekin, ya akan selamanya di fase ini.

Selamanya.

Nggak mau tau, pokoknya gue harus menang Oscar untuk kategori Pemeran Pembantu Paling Apes 2017.

Nggak akan ada jomlo di dunia ini kalau orang yang kita sayang, sayangin kita balik. Syarat dan ketentuan berlaku*


CEWEKNYA YANG SUKA DULUAN TAPI CUMA NGASIH KODE AJA

Kalau cowok yang mulai duluan itu terjadi sebanyak 80%, mungkin kejadian cewek yang suka dan mulai duluan itu sebanyak 15%. Sayangnya, rasa suka dan tindakannya nggak langsung keliatan. Mereka ngasih liat rasa sukanya melalui sandi morse dan bahasa sansekerta. Pake kode.

Hih.

Entah harus dengan teori apa menjelaskannya, semakin cakep seorang cewek, kemampuan bermain kodenya akan semakin lihai dan rumit. Sebenernya Alan Turner di film Imitation Game  itu mau bikin mesin buat membaca mau perempuan, tapi setelah bekerja keras dia malah, “Lah anjir, ini ngapa jadi komputer gini? Yaudah lah ya, gapapa gua jadi gay aja.” Itulah kenapa sekarang kita punya mesin canggih bernama komputer, tapi nggak pernah ada satupun mesin yang diberi nama, mesin pembaca mau perempuan.

Gue pun juga berusaha membaca mau perempuan. Setelah belajar cukup lama, akhirnya bisa gue gambarkan seperti ini, “Gue ini suka sama lo, tapi gue nggak sudi mulai duluan, helllloooowh gue cewek cakep masa mulai duluan?? Lo pake rok aja bisa kali cyiiiiin..”

Gitu.

Bagi cewek, selain perasaan, gengsi juga harus dijaga.

Resiko terbesarnya bukan ada di cewek, melainkan di cowok. Kok bisa? Nah, keapesan gue ternyata masih terus berlanjut. Waktu akhir semester 1, gue baru sadar ternyata Fardhani menyimpan perasaan ke gue. Sungguh malang nasibnya. Kode-kode yang dia kasih saking alusnya, cuma bikin gue, “Et yak, ini cewek ngapa dah? Abis kejedak di kamar mandi lu, yak?”

“Kamu udah aku kasih jawaban ujian matematik nomor 1 sama 4, masih nggak sadar juga?” Tanyanya sambil keheran-heranan.

“Lah, itu kamu ngasi jawabannya aja salah, kita berdua kan dapet nilai 30. Haha!” Jawab gue sambil  cengengesan.

At least kan aku ada upaya bantuin kamu!” Bales dia lagi nggak terima. “Terus kemarin laporan Biologi kamu juga aku bantuin kan. Itu masih nggak bikin kamu sadar?” Tambahnya lagi.

“Iya makasih ya, kamu bikinin covernya aja kan tapi.” Bales gue lagi.

“Ya ampun, kamu bahkan untuk hal kayak gitu aja nggak peka! NGGAK P-E-K-A!! Dasar PHP!!!” Jawabnya sambil pergi ninggalin gue.

“Wah, bener ni abis kejedak di kamar mandi, jadi gesrek gini..” Bisik gue dalam hati.

Itu kali terakhir gue dibantuin ngerjain tugas kampus, besoknya dia nggak mau bantuin lagi.

See?
Apa resiko terbesar kalo kode yang cewek berikan nggak sesuai dengan keinginannya?

Ya, selamat, kamu dapat dua gelar baru.

Dr. Downy, PhP., GAPEKA.


CEWEK YANG SUKA DULUAN DAN NEMBAK DULUAN

Oke, nggak ada. Cewek ngejar dan nembak duluan itu cuma cerita rakyat. Besok kalau gue udah jadi Bapak, dongeng yang mau gue ceritain buat nemenin bobok anak gue ya itu, cerita bahwa ternyata ada cewek di muka bumi ini yang berani suka dan nembak cowok duluan.

Bagi cewek, selain hati, gengsi juga harus dijaga.

Gue cuma bisa duduk di ayunan sambil menatap nanar masa depan. “Tau gini ceritanya, gue balik dagang duku aja lah..” Bisik gue dalam hati. Sampai pada akhirnya gue udah terbiasa bahwa yang namanya cowok ya pasti bakal diginiin. Pasti bakal ngejar-ngejar, kalau bisa sampe ngemis. Namun, ternyata gue salah.

Dan apesnya, gue sadar ini di belakang. Ketika gue udah move on dari satu cewek ke cewek lainnya, akhirnya gue menemukan bahwa ada satu hal yang berbeda. Yang sampai sekarang selalu gue cari-cari, yang bahkan nggak gue temukan di pacar yang baru. Satu hal yang dulu sama sekali nggak gue sadari.


THE RAREST LOVE?

Dari berbagai pengalaman tersebut, gue sadar, bahwa gue yang jatuh cinta duluan. Gue yang memulai duluan. Gue yang berusaha membuat dia memiliki kebutuhan yang sama seperti kebutuhan gue akan dirinya. Selalu seperti itu. Harus gue yang kena fit and proper test di depan. Harus gue yang kena seleksi masuk. Barang siapa yang butuh duluan, maka dia yang harus inisiatif duluan, gue yang harus usaha duluan.

Tapi itu nggak terjadi ketika gue mengenal Gaby.

Saking langkanya kejadian ini, membuat gue nggak sadar sama sekali bahwa inilah yang sejatinya disebut jatuh cinta. Ketika dua orang jatuh cinta bersamaan. Bukan gue duluan, bukan dia duluan. Ketika gue melihatnya dan bilang, “She is the one..” di saat yang bersamaan, dia juga menatap gue dan berkata, “Yeah, he is the one.”

The rarest thing.

Gue masih inget betul kali pertama tatapan kami bertemu di Gramedia PIM 1 sore itu. Ketika mata kami bertemu, ada berjuta kalimat rindu yang sulit dijelaskan. Gue seperti berkaca dan melihat diri gue sendiri. Gue memejam mata dan melihat sosok yang sangat ingin mencari rumah untuk pulang –  gue sendiri. Begitu gue membuka mata, sosok itu adalah Gaby. Tatapannya persis jatuh di depan mata gue, dan dia menggigit bibirnya pelan.

Kami sudah saling jatuh cinta sejak kami masih berwujud potongan-potongan chat di inbox dan wall facebook. Ketika sudah ada kata saling di antara dua orang, maka jatuh cinta happens effortlessly. Dia menjawab chat pertama gue layaknya orang yang sudah saling mengenal separuh usia. Ketika akhirnya kami bertemu, gue langsung bilang di depan, “Kamu adalah potongan-potongan yang hilang dari tubuh ini, sudah saatnya kamu kembali dan jangan pernah mencoba untuk hilang yang kedua kali.”

Namun seperti yang sudah-sudah, gue kembali kepada kebiasaan normal, yaitu menunjukkan portofolio terbaik yang gue punya. Mental kena fit and proper test ini udah mendarah-daging. Namun, bukannya menyeleksi kelayakan gue, dia malah melakukan hal yang sama. Karena dia juga sudah di depan merasakan hal yang sama. Jatuh cinta. Dia nggak perlu ngetest seberapa besar cinta gue untuk meyakinkannya, karena sebelum itu terjadi dia udah jatuh cinta.

Gue bahkan nggak keluar uang banyak untuk membiayai kencan. Sebuah hil yang mustahal terjadi di belantikan pacaran anak muda. Sekali lagi, karena dia yang merasa bahwa dia yang jatuh cinta duluan. Dia ingin sekali membuktikan bahwa dirinya ini sayang dan ingin gue menerimanya. Dia berusaha mengambil semua bill yang datang.

Namun sayang sekali, usahanya sia-sia. Karena sebelum dia melakukan itu, gue udah jatuh cinta duluan. Gue udah melakukan apapun yang ingin dia lakukan duluan.

Ribut-ribut kami pun elegan,

“Pokoknya aku duluan yang sayang sama kamu.” Tegasnya.

That’s cute, kamu bahkan nggak pernah tau kejadian sebelum kamu sayang sama aku, aku udah duluan melakukan itu.” Jawab gue.

“How rude, you know nothing about love, mine come first years before you said love to me.”

”Oh hold on, young girl, hold on, when God creates you, He creates me first. Dia ciptakan aku lebih dulu darimu. Dan tidak hanya itu, Dia tidak hanya menciptakan aku lebih dulu, Dia juga menciptakan aku sudah dalam kondisi mencintaimu.” Jawab gue pelan.

You talk too much my little sweet-foxy talker, even all of your poetic words are just a low tier compared against rasa inginku memilikimu..’ Jawabnya tegas.

Belum sempat terlintas di kepala kalimat untuk menjawabnya, bibir kami sudah berpelukan satu sama lain. Cinta yang tak selesai dengan perkataan, harus dituntaskan dengan bibir yang melumat satu sama lain.

I think that is the rarest love, ever.


======

Mungkin masing-masing dari kita mendamba cinta tersebut, yang happens effortlessy, yang cuma bisa bikin kita bilang, “Kenapa baru sekarang?”

Gue juga.



Gue butuh the rarest love terjadi untuk kali yang kedua..

Share:

2 Komentar

  1. Ini kenapa kisah cinta lu apes semua sih, bang? heran gue. Menurut gue abang udha bener, cm cewek yg abang pacarin, itu ga tepat. Coba cari varian baru gt jangan sebatas cewek2 kantoran pake sepan mereceut kwkwkw

    BalasHapus
  2. Kira-kira putus sama gaby kenapa ya?

    BalasHapus